Bahan Kain Wolfis

5 min read

Bahan Kain Wolfis – Halo semuanya apa kabar ? Kabar baik dong ya. hehe.. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kain yang belakangan ini booming karena kualitasnya yang bagus dan banyak dijadikan sebagai pakaian muslimah.

Kain ini sendiri memiliki kualitas yang bagus dan harganya yang tergolong murah menjadikan kain banyak di buru banyak orang terutama konsumen yang akan memproduksi kain ini. Oleh karena ini mari simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Bahan Kain Wolfis (Woolpeach)

Mengenal Bahan Wolfis (Woolpeach)
olympics30.com

Bahan wolfis sendiri awalnya berasal dari bahasa inggris yaitu Wollpeach Material. Nah, setelah bahan ini masuk ke indonesia barang ini pun sontak berganti nama menjadi Wolfis. Hal ini di karenakan kultur bahasa orang Indonesia yang berbeda dengan inggris.

Banya orang yang mengira kain ini berasal dari bahan dasar campuran serat katun maupun serat sutra. Akan tetapi sesudah di teliti bahan ini tidaklah berasal dari serat sutra ataupun bahan kain katun sendir.

Untuk bahan dasar dari bahan Wolfis sendiri yaitu berasal dari bahan polyester, dan bukan berasal dari bahan serat kain dan katun. Bahan dasar yang memiliki tekstur halus, lembut biasanya memiliki ketebalan kain yang di bawah bahan kain jersey yang memiliki bahan relatif ringan dan tipis.

Warna yang dihasilkan pada kain wolfis akan terlihat lebih hidup jika di sandingkan dengan kain jenis sutra, chiffron, katun. Hal ini menjadikan kain ini memiliki kelebihan yang berbeda dengan jenis kain lainnya, dan menjadikan kain ini banyak di buru oleh banyak konsumen.

Kebanyakan dari kain ini di jadikan untuk bahan gamis. Perlu sobat ketahui juga, bahan ini tidak hanya di jadikan untuk pembuatan bahan gamis, akan tetapi masih banyak di gunakan untuk membuat jubah, gamis, kulot, khimar dan lain sebagainya.

Memiliki kelebihan tipis dan tidak tembus pandang menjadikan kaini ini juga banyak di jadikan sebagai celana muslimah untuk perempuan. Hal ini sangat menguntungkan sekali utnuk para wanita yang mengenakannya, karena akan bisa bergerak secara bebas.

Ciri & Karakteristik Bahan Kain Wolfis

Ciri & Karakteristik Bahan Kain Wolfis
retailngrosir.com

Dari banyaknya manusia di muka bumi ini tidak sedikit pula yang masih belum tahu jenis bahan kain wolfis. Nah, pada kali ini akan saya jelaskan ciri dan karakteristik dari kain wolfis sendiri. Agar nanti jika ingin mencari bahan kain yang berbahan dasar kain wolfin tidak bingung lagi untuk menentukannya.

Memiliki sifat tidak tahan panas

Hal ini menjadikan Anda untuk berhati-hati jika hendak menyetrika, karena jika setrika memiliki tingkat kepanasan yang lebih maka kain ini akan mudah rusak. Maka dari itu sebelum menyetrika pastikan setrika memiliki tingkat kepanasan yang pas, agar tetap awet dan bagus.

Mudah ketika di setrika

Meskipun memiliki kekurangan dalam hal panas, akan tetapi kain ini memiliki kelebihan yang mudah untuk Sobat setrika. Sehingga dengan adanya hal ini tidak akan membuat sobat semua tidak jengkel dengan kain ini karena tidak kuat panas.

Kain yang tidak tembus pandang

Kebanyak orang pasti mengira jika kain yang tidak tembus pandang adalah kain yang tebal. Penyataan semacam itu seperti halnya dipatahkan oleh bahan kain wolfis, mengapa tidak ? Karena kain ini memiliki kain yang tipis dan juga tidak tembus pandang, suatu hal yang bagus.

Rasanya dingin dan tidak mudah kusut

Tidak hanya memiliki mudah di rapikan, bahan kain ini juga tidak mudah untuk kusut dan juga memiliki karakteristik dingin saat di pakai. Dengan adanya kelebihan tersebut menjadikan si pemakai tidak akan mudah gerah pada saat memakainya.

Memiliki jenis kain yang ringan

DI karenakan bahannya yang tipis menjadikan bahan kain ini memiliki ringan pada saat di pakai. Dengan demikian Sobat akan lebih leluasa berbegrak tanpa merasa terbebani oleh kain tersebut.

Kelebihan & Kekurangan Bahan Kain Wolfis

Kelebihan & Kekurangan Bahan Kain Wolfis
qudsfata.com

Kelebihan

1. Halus

Kelebihan yang satu ini membuat banyak pengguna merasa nyaman dan betah berlama-lama memkainya dikarena bahannya yang halus. Tidak hanya memiliki sifat halus saja, kain ini juga terkenal dengan sifat lentur pada saat di pakai.

Bahan ini menjadikan cocok jika di bentuk menjadi busana muslimah yang akan di pakai untuk sehari-hari maupun hanya untuk bepergian.

2. Tidak muda kusut

Bagi seorang muslimah, memiliki busana yang tidak mudah kusut adalh senuah impian, karena hal ini akan menjaganya tetap terlihat cantik dan anggun. Hal ini juga akan memudahkannya dalam menjaga kain tersebut agar tetap awet dan bagus.

3. Tidak tembus pandang

Kelebihan yang satu ini lebih berharga di bandingkan kelebihan-kelebih di atas. Memiliki kelebihan tidak tembus pandang menjadikan bahan kain ini banyak di cari oleh para pembuat busana muslim dan muslimah.

4. Harga terjangkau

Memiliki kelebihan yang bisa di bilang istimewa, pasti semua orang mengira bahwa kain ini pastinya akan di bandrol dengan harga yang cukup mahal. Namun, pada kenyataanya di pasaran harga ini sangat terjangkau dan juga tidak mahal-mahal sangat.

5. Bahan jatuh

Bahannya yang tebal menjadikan bahan ini mudah jatuh pada saat di pakai. Hal ini tidak akan memerlihatkan lekukan tubuh sobat pada saat di pakai.

Sekedar saran, jika sobat ingin membeli kain ini, alangkah baiknya untuk memilih ukuran yang agak longgar. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi agar efek jatuh pada saat dipakai tidak terlalu ketat.

6. Bahan ringan

Bahan yang ringan akan lebih memudahkan sobat dalam bergerak jika sedang beraktifitas di rumah maupun di luar. Hal ini  akan memudahkan juga dalam mencuci.

7. Banyak pilihan warna

Memiliki banyak puilihan warna menjadikan pelanggan akan sangat senang jika hendak membelinya. Disisi lain pelanggan akan bingung karena harus menentukan pilihannya. Bukan rahasia umum lagi jika seorang perempuan lebih banyak menggemarinya karena akan ada banyak pilihan warna.

8. Mudah di dapatkan

Bahan kain wolfis sangat mudah untuk di dapatkan, hal ini di karenakan banyaknya peminat dari kain ini sendiri. Peminat-peminat kebanyakan datang dari produsen pembuat busana yang akan memproduksi kain dengan jumlah yang banyak dengan kualitas yang berbeda-beda juga mestinya.

Kekurangan

1. Memiliki banyak varian warna

Memiliki banyak varian warna memang bagus karena akan ada banyak pilihan untuk para pelanggan yang hendak membelinya. Namun hal ini menjadi kekurang bagi semua orang karena pastinya mereka akan bingung dalam mengambil keputusan untuk membeli kain tersebut.

Hal ini juga di khawatirkan jika kita sudah membeli kain kemudian kain tersebut pada saat pebuaatannya kurang, yang pasti sobat kan harus membeli lagi. Disinilah poin yang sangat penting untuk di pahami karena pastinya bahan kain yang baru warnanya akan sedikit berbeda dengan kain yang lama. Bersyukur jika bisa menemukan bahan kain yang berwarna sama.

2. Terlalu banyak tingkat ketebalan

Wolfis sendiri adalah kain yang tebal. Perlu diketahui juga bahan ini terdiri dari beragam tingkat ketebalan, mulai yang paling tebal ada, hingga yang paling tipis juga ada. Maka jika ingin membeli kain ini pastikan pemilihannya sudah tepat dan sesuai selera sobat sendiri.

Jenis-Jenis Bahan Kain Wolfis

Jenis-Jenis Bahan Kain Wolfis
mizutex.com

Sebelum sobat membeli kain wolfis, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Bahan kain ini memiliki tingkatan yang berbeda, oleh karena itu pastinya memiliki kualitas yang berbeda pula. Pada umumnya kain wolfis di bagi menjadi beberapa grade :

  • Grade A

Memiliki tekstur bahan yang lebih halus du bandingkan dengan grade-grade yang lainnya. Grade A juga memiliki tektur kain yang paling jatuh.

  • Grade B

Memiliki tekstur bahan yang kurang halus dan juga tidak mudah jatuh seperti grade A.

  • Grade C

Memiliki tektur bahan yang kasar dan juga bahannya kurang jatuh pada saat di kenakan.

Setelah sobat mengetahui tingkatan dan kualitas bahan wolfis, alangkah baiknya sobat untuk menanyakan tingkatan tersebut sebelum membelinya. Seperti halnya sobat akan memproduksi kain tersebut menjadi banyak varian pakaian yang berbeda-beda pastinya.

Alangkah baiknya jika menanyakan terlebih dahulu kepada penjual mana yang cocok untuk di jadikan busana musimah. Karena itu penting untuk nantinya di buat menutup aurat secara sempurna dan tidak membentuk lekukan tubuh.

Bahan Kain Wolfis Premium

  • Memiliki serat kain yang rapi, kukoh dan halus, serta serat bahan kainnya sulit untuk diraba. Bahannya juga tidak licin dan tidak kasar.
  • Cukup tipis, ringan, bahannya jatuh serta bahannya tidak transparan atau tidak menerawang.
  • Bahannya tidak menyerap keringat.

Bahan Kain Wolfis Standart

  • Jika kita lihat secara keseluruhan bahan ini telihat tidak rapi, dan tidak kokoh, serta seratnya agak terlihat longgar. Bahannya tidak terasa licin, lebih tipis dan juga ringan.
  • Karakteristiknya lebih bisa transparan/menerawang.

Tips Merawat Kain Wolfis

Tips Merawat Kain Wolfis
aminama.com

Berbeda dengan jenis bahan kain lainnya, kain wolfis memiliki perawatan yang exstra hati-hati. Karena jika kita tidak hati-hati dalam menjaganya maka kain ini akan mudah rusak.

Bagi sobat yang belum mengetahui tata cara merawat kain wolfis, berikut adalah langkah-langkahnya agar kain tetap cantik dan halus.

1. Tips Mencuci

Setelah menemukan kain wolfis yang sobat cari. Kemudian perlu dilakukan pencucian kain terlebih dahulu. Hal ini karena sobat tidak akan tahu bahwa kain tersebut sudah bersih atau belum sebelum naik ke meja produksi.

Untuk cara mencucinya cukup mudah untuk sobat lakukan :

  1. Di rendam dengan dertergent (detergent sedikit saja).
  2. Kemudian kucek perlahan hingga bersih, dengan cara pelan-pelan. Karena jika kita menguceknya terlalu keras, di khawatirkan kain tersebut akan cepat rusak.
  3. Pada saat proses pencucian, jangan lupa untuk memisahkan warna yang tidak sinkron dan juga pisahkan noda berat (tekena bahan dapur) dan ringan (keringat).

2. Tips Menjemur

Untuk cara menjemurnya Sobat tidak perlu khawatir jika pada hari itu tidak ada panas. Karena bahan kain wolfis cukup di jemur di angisn-anginkan saja. Hal ini dikarenakan jika menjemurnya di bawah terik sinar matahari langsung warnanya akan mudah pudar, dan jika hendak menjemurnya pastikan membalik bagian luar kedalam.

Lebih singkatnya akan saya rangkum:

  1. Jangan di jemur di bawah sinar matahari.
  2. Balik bagian dala keluar.
  3. Gunakan hanger.
  4. Jangan gunakan pengering mesin cuci karena bahan ini tidak kuat terhadap tarikan.

3. Tips Menyetrika

Menyetrika kain wolfis, pastikan suhu panasnya pas, karena bahan ini tidak kuat jika terlalu panas. Jika memang kain tersebut terlihat kusut pastikan suhu ke paling rendah atau tambahkan lapisan kain pada setrika sehingga setrika tidak secara langsung menyentuh kain.

4. Tips Menyimpan

Untuk cara menyimpannya tidak terlalu sulit seperti kain biasanya saja. Kain dapat di gantung menggunakan hanger atau melipatnya. Setelah itu pastikan lemari dalam keadaan kering, karena kalo lembab tentu akan menimbulkan jamur.

Penutup

Kurang lebih seperti itu sobat, semoga bermanfaat. Enjoyy This Website.

Bahan Kain Spandex

Mahbub Farhan
5 min read

Bahan Kain Blacu

Mahbub Farhan
4 min read

Bahan Kain Katun

Mahbub Farhan
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *