Bahan Kain Blacu

Hai sobat semua, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang kain yang populer belakangan ini. Yaitu adalah bahan kain blacu. 

Buat kalian semua yang masih belum tahu tentang kain blacu, mulai dari karakteristik, perbedaan, hingga cara merawatnya. Mari kita simak ulasan di bawah ini dengan seksama karena hal ini penting untuk anda pelajari jika anda mempunyai bahan kain tersebut. Enjooyy…

Mengenal Bahan Kain Blacu

Mengenal Bahan Kain Blacu
bukalapak.com

Kain blacu sering juga di sebut dengan kain blaco. Tidak hanya itu, ada juga yang mendefinisikan kain ini mirip dengan kain katun yang mempunyai kualitas rendah. Akan tetapi dalam dunia tekstil kain ini lebih mengacu pada kain greige yang biasa di sebut dengan kain grey.

Kain grey sendiri adalah kain yang mentah karena baru diangkat dari proses penenunan dan bulum di proses finising/proses celup warna.

Dari sini kita bisa ketahui bahwa kain blacu ini tidak hanya terdiri dari kain katun saja, melainkan banyak karakter-karakter lain di dalamnya. Seperti bahan kain rayon, bahan kain polyster,  dan juga terbuat dari kombinasi antara karakter atau serat berbeda.

Kain Blacu Warna Warni

Pada point ini banyak sekali yang bertanya, apakah kain blacu ini warna wani ? Soal kain blacu yang warna warni yakni dihasilkan dari warna asli benangnya sendiri.

Jika kain blacu katun maka warna kain akan cenderung lebih coklat. Sedangkan jika kain blacu polyster maka warna kain akan lebih terlihat putih.

Fakta Menarik Dari Kain Blacu

Belakangan bahan kain ini sangat popoler dipasaran, karena banyak sekali yang menggunakan bahan ini untuk di jadikan sebuah kerajinan.

Kain ini juga disebut sebagai Rajanya Kain Kerajinan karena beberapa produk kerajinan yang populer menggunakan bahan dasar kain blacu.

Ciri & Karakteristik Bahan Kain Blacu

Ciri & Karakteristik Bahan Kain Blacu
shopee.co.id

Kain blacu adalah salah satu jenis kain yang berbahan dasar dari kapas. Karena menggunakan bahan kain kapas maka kain ini sangat aman di gunakan. Kain ini memiliki sifat yang flexsibel, maka dari itu banyak sekali orang-orang menggunakan ini untuk di jadikan model.

Kain blacu sendiri adalah kain yang ramah dengan lingkungan, sebab karena kain ini terbuat dari bahan alami dan juga memiliki karakteristik ringan. Benang yang sudah terbentuk kemudian di gulung agar dapat berubah menjadi pintalan. Setelah langkah mempintal kain, selanjutnya kain di tenun agar benang tadi berubah menjadi lembaran kain.

Pada zaman dahulu, kain ini adalah jenis kain yang sering di gunakan untuk pembungkus terigu. Namun, karena semakin berkembangnya zaman yang sangat pesat, kain ini sekarang banyak di jadikan sebagai kreasi produk yang banyak diminati oleh kalangan milenial.

Jika kita tarik ke belakang lagi, kain dasar blacu adalah kain mori. Kain mori adalah kain tenun yang terbuat dari kapas. Kain mori sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yang pertama adalah kain yang sudah melalui pemutihan & belum melalu proses pemutihan.

Kelebihan & Kekurangan Bahan Kain Blacu

kelebihan & kekurangan bahan kain blacu
shopee.co, id

Kelebihan

1. Ramah Lingkungan

Kain yang memiliki bahan dasar alami ini lebih ramah lingkungan karena yang dari alam pasti akan kembali ke alam. Jika kita sudah mulai melihat warnanya mulai usang dan kita sudah tidak mau memakainya lagi, kita bisa langsung membuangnya karena kain mudah terurai di tanah.

2. Lebih Nyaman Di Kulit

Memiliki kelebihan yaitu adem saat di pakai di badan menjadikan opsi untuk Anda yang berada di daerah tropis karena bahan ini sangat cocok untuk dipakai. Karena kain ini terbuat dari pintalan kapas yang kemudian di bentuk menjadi suatu lembaran kain.

3. Aman Bagi Semua Kalangan

Kain ini aman bila di gunakan untuk semua kalangan, baik orang dewasa maupun anak kecil. Kain ini akan lebih baik jika di pakai oleh kalangan anak kecil karena anak kecil yang masih memiliki kekebalan tubuh yang rendah akan lebih aman menggunakannya.

4. Fleksibel

Tak hanya itu, kain blacu sendiri banyak digunakan untuk membuat pakaian. Seringkali juga di buat untuk di jadikan souvenir seperti tas. Jika ditanya kenapa kenapa banyak produsen memilih kain ini untuk di jadikan souvenir adalah memiliki bahan yang flexsibel dan mudah di bentuk.

5. Harga Lebih Murah

Memiliki harga jual lebih murah dipasaran menjadikan kain ini seringkali di produksi untuk di jadikan souvenir.

Kekurangan

1. Tersedia Satu Warna

Karena bahan dasar kain ini dari kapas yang berwarna putih dan juga murni, maka akan menjadikan tantangan tersendiri untuk Anda yang hendak membuatnya menjadi souvenir.

2. Bahan Agak Kasar

Memiliki harga yang murah adalah takaran apakah bahan itu bagus atau tidak, karena ada harga ada kualitas. Oleh karena itu bahan ini sering di pilih untuk di jadikan bahan tas dan semacamnya.

Kerajinan Dari Bahan Kain Blacu

1. Tas Dari Bahan Kain Blacu

Kerajinan Dari Bahan Kain Blacu
m.blanja.com

Membuat tas dari bahan kain blacu dan menjualnya di pasaran adalah langkah yang tepat untuk di jadikan bisnis. Karena banyak sekali anak milenial sekarang yang mencarinya, karena banyak di gunakan untuk sekolah atau juga buat jalan-jalan ke tempat keramaian.

Tak hanya itu saja bahan kain blacu juga seringkali di jadikan souvenir atau bingkisan souvenirnya. Contoh seperti souvenir pernikahan, souvenir bayi, dan lain sebagainya.

2. Gorden Kain Blacu

Gorden Kain blacu
mello.id

Jika tadi membuat tas dari bahan dasar kain blacu, maka yang saat ini adalah kain blacu di jadikan sebagai gorden yang terpampang di rumah. Memiliki gorden dengan bahan dasar kain blacu akan terlihat menarik dengan penambahan bordir untuk motif gordennya.

Perbedaan Bahan Kain Blacu & Kanvas

Perbedaan Bahan Kain Blacu & Kanvas
medium.com

Sebuah perbedaan yang sangat nampak jika di lihat dari kedua bahan kain ini adalah jika sudah menjadi sebuah barang. Karena keduanya memiliki perbedaan di ketebalan kain dan dari sisi harga.

Seperti tas yang terbuat dari bahan dasar blacu lebih tipis dan sedikit kasar jika anda pegang. Sedangkan untuk kain kancas sendiri akan terasa lebih tebal dan lebih halus jika di pegang.

Selain itu kain blacu memiliki harga pasar yang cukup murah di bandingkan dengan kain kanvas.

Kegunaan Bahan Kain Blacu

Pada awalnya kain blacu di gunakan sebagai penyaring sari kedelai pada pembuatan tahu. Dengan berkembangnya teknologi di area industri ini menjadikan kain blacu sudah tidak di pakai lagi sebagai penyaring kedelai.

Kain blacu saat ini banyak di jadikan bahan fashion, seperti tas, dan juga di jadikan bahan rumahan seperti gorden. Karena warna bahan yang berwarna putih menjadikan kain ini banyak di sukai oleh para ibu-ibu khususnya.

Cara Merawat Kain Blacu

Karena belakangan ini kain blacu menjadi popoler di pasaran, ada banyak sekali yang tidak mengetahui bagaimana cara menjaganya agar tetap awet dan bagus.

  • Hindari mencuci dengan merendam
  • Bersihkan dengan cara mengelap dengan kain yang sedikit basah
  • Jangan di jemur langsung di bawah sinar matahari
  • Jangan di simpan di tempat yang lembab, karena akan mengakibatkan jamuran
  • Jauhkan dari benda yang tajam aman dari persobekan. Wkwkwk

Penutup

Mungkin itu saja sampai disini dulu, semoga bermanfaat untuk kita semua. Sehat selalu dan jaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *